Senin, 27 Januari 2014

Bika Ambon Mini


Ready in: 90 menit

Ingredients 1


450 ml santan, dari 2 butir kelapa
20 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
6 lembar daun pandan, potong-potong
3 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan
½ sdt garam
10 butir kuning telur
250 gr gula pasir
150 gr tepung kanji
50 gr kenari, iris tipis

Ingredients 2

1 sdm tepung terigu
1 sdm gula pasir
1 sdm ragi instan
75 ml air hangat

Directions

Adonan biang : Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan dalam mangkuk. Masukkan air hangat sambil diaduk hingga tercampur rata dan biarkan selama 15 menit (terjadi proses fermentasi), sisihkan.
Campur santan, daun jeruk, daun pandan, serai dan garam dalam panci, masak hingga menyusut (300 ml) dan kental sambil sesekali diaduk rata, angkat dan saring, buang ampasnya.

Kocok kuning telur bersama gula pasir hingga mengembang dan kental, masukkan santan kental, tepung kanji dan adonan biang sambil diuleni dan ditepuk-tepuk hingga terasa ringan. Diamkan selama 2 jam hingga adonan mengembang.
Panaskan oven, olesi mangkuk cetakan bentuk oval bervolume 60-75 ml dengan minyak goreng, panaskan dalam oven hingga mendesisi bila ditetesi air.

Tuang adonan sebanyak 50 ml ke dalam cetakan, panggang dalam oven panas dengan api bawah selama 30 menit (biarkan pintu oven sedikit terbuka, agar suhu di dalam oven tidak terlalu panas), setelah permukaan bika berlubang-lubang matikan api bawah.

Keluarkan kue dari dalam oven, taburi permukaannya dengan kenari dan teruskan memanggang dengan api atas hingga permukaan kue kuning kecokelatan (±10 menit). Angkat dan keluarkan dari oven, biarkan dingin dan keluarkan dari cetakan, sajikan.

==========


Tidak ada komentar:

Posting Komentar